5 Pulau Hasil Buatan Manusia

              Di dunia ini ada banyak sekali pulau-pulau, ada yang kecil dan ada yang besar. Dan ada juga penampakan alam, yang alami maupun buatan. Seperti danau alami dan buatan, sungai alami dan buatan, dan sebagai nya. Namun, bagaimana jika yang hasil buatan manusia itu adalah berupa pulau ?? Mungkin sebagian teman akan terkejut dengan hal ini. Langsung saja simak liputan berikut. Ini dia 5 pulau hasil buatan manusia.

1. Pulau Uro


              Pulau Uro adalah pulau yang terletak di Negara Peru. Pembentukan pulau ini bermula dari pembuangan rumput-rumput totora ke danau Titicaca Puno. Rumput-rumput ini akan memadat dan mengikat satu sama lain. Terdapat tiga pulau utama, yaitu Uro-chipayas, Uro-murots, dan Uro-iruitos. Pulau Uro terletak di ketinggian 3810 meter di atas permukaan laut, dan 5 kilometer dari pelabuhan Uno. Pulau ini memiliki penduduk berjumlah sekitar 200 jiwa berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 1997. Penduduk Pulau Uro ini memiliki hubungan erat dengan Suku Inca.

2. Pulau Cranog



              Pulau cranog merupakan sebuah pemukiman danau purbakala, yang hampir keseluruhannya dibangun dengan kayu. Pulau ini terlihat seperti sebuah garis yang memanjang dari daratan, seperti di danau Tay, Awe, dan Ness. Beberapa cranog ini telah dibangun sejak sekitar 500 SM, dan beberapa di antara nya masih digunakan hingga abad ke-17.
              Salah satu cranog terbaik terdapat di sekitar Kenmore, di Perthsire, di bagian selatan danau Tay. Pulau cranog sekarang merupakan pembuatan kembali sebuah atap jerami yang melingkar dan mengerucut di bagian tengah nya. Nama cranog sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti pohon muda.

3. Thilafushi, Pulau Sampah



              Thilafushi merupakan sebuah pulau artifisial, yang sebelumnya merupakan laguna sepanjang 2 km dan lebar 200 m. Berawal dari pembicaraan tentang solusi untuk masalah jumlah sampah di Mali, ibukota Maladewa. Hingga tahun 1992 operasi ini dilaksanakan, dengan menimbun sampah di dasar laguna yang kemudian dilapisi lagi dengan pasir serta unsur tanah lainnya sehingga terlihat lebih alami.
              Namun saat ini, karena semakin banyak nya jumlah turis yang berkunjung ke Maladewa yang mencapai sekitar 10.000 orang per minggu, sehingga membuat luas timbunan sampah ini menjadi 50 hektar. Terdapat pula 36 pabrik, satu masjid, dan beberapa tempat tinggal imigran.

4. Kamfers Dam



              Kamfers Dam ini terletak di sebelah utara Kota Kimberley, Afrika Selatan. Dengan luas penampang air seluas 400 hektar. Daratan air itu merupakan sebuah pulau yang tercipta melalui berdasar tingkat volume air.
               Sehingga hanya akan terlihat sebuah permukaan air saja apabila permukaan air meningkat, namun akan menjadi daratan yang indah bila permukaan air surut. Bendungan Kamfers ini menjadi tempat berkumpul dan bereproduksinya burung pink flamingoo.

5. Pulau Palem



              Pulau palem ini berada di Kota Dubai, Arab Saudi. Tujuan dibentuknya pulau palem ini adalah sebagai tempat pemukiman dan usaha komersil. Saat ini, pulau palem merupakan salah satu pulau buatan terbesar yang ada di dunia.
              Pembangunan pulau ini dilakukan oleh sebuah perusahaan properti Nakheel, yang menggunakan jasa pengerukan dan kontraktor laut Belanda, Van Oord. Pulau ini dibagi ke dalam tiga pulau utama, yaitu Pulau Palem Jumeirah, Jabel Ali, dan Deira. Pembangunan pualu ini disetujui oleh Sheik Muhammad bin Rashid Al Maktoum, dalam rangka peningkatan sektor pariwisata Dubai.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons