5 Piramida Yang Menakjubkan di Dunia

               Di dunia ini ada banyak sekali peninggalan sejarah di dunia yang menakjubkan. Salah satu dari penggalan sejarah itu adalah piramida yang kita tahu banyak berada di Mesir. Namun, benarkah hanya di Mesir lah tempat piramida berada ?? Langsung saja baca rangkuman tentang piramida yang telah saya rangkum ini.

1. Piramida Giza



               Piramida Giza merupakan bangunan prasejarah yang terletak di Mesir. Piramida dibangun menggunakan batu-batu berukuran besar. Piramida sudah ada sejak sekitar abad ke-6 SM. Salah satu misteri yang belum terpecahkan dari Piramida adalah cara orang-orang zaman dulu mengangkat batu-batu besar tersebut. Namun menurut saya, dengan banyak ditemukannya tengkorak tubuh manusia yang berukuran raksasa cukup memungkinkan bahwa orang zaman dulu itu berbadan jauh lebih besar dari manusia saat ini. Dengan tubuh sebesar itu, cukup memungkinkan mereka untuk mengangkat batu-batu besar yang digunakan untuk membangun piramida. Namun, jika teman-teman punya pemikiran lain atau tidak percaya, tidak apa-apa. Piramida digunakan sebagai makam para raja Mesir kuno, dan salah satunya adalah Tutankhamen. Piramida ini telah dikutuk, barang siapa yang berani mengganggu mayat para raja dan isi lainnya dari Piramida akan bernasib naas. Beberapa orang yang mencoba mengganggu tidur panjang para raja ini tewas dengan mengenaskan.

2. Piramida Teotihuacan



              Teotihuacan merupakan sebuah situs arkeologi besar yang terletak di Lembah Mexico. Arsitektur dari Teotihuacan sendiri merupakan tiruan dari arsitektur Piramida yang dibangun pada zaman pra-Colombus. Nama Teotihuacan sendiri berarti "Tempat Kelahiran Dewa". Kota Teotihuacan ini sudah ada sejak abad ke-3 SM. Kota yang memiliki penduduk sekitar 200.000 ini dulunya memiliki luas sekitar 13 km kuadrat. Kota Teotihuacan dilengkapi dengan tempat keagamaan, seperti Piramida Matahari dan Piramida Bulan. Pada tahun 750 Teotihuacan diserang oleh bangsa Toltec, sehingga para penduduknya pergi meninggalkan kota. Sekarang tempat ini dijadikan salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Teman-teman juga dapat datang langsung ke sini karena tempat ini dibuka untuk umum sebagai tempat pariwisata.

3. Piramida Nubia



              Sebelum menceritakan piramida yang satu ini, saya akan bertanya kepada teman-teman, negara manakah yang memiliki piramida terbanyak ?? Mungkin sebagian besar dari teman-teman menjawab Mesir bukan ?? Ternyata itu salah, negara dengan piramida terbanyak adalah Sudan, bukan Mesir. Tidak banyak yang tahu bahwa Sudan memiliki piramida yang berjumlah lebih dari 200 buah yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Kushite. Jumlah piramida di sini hampir dua kali lipat dari jumlah piramida di Mesir. Hampir semua piramida di sini dibangun pada abad 2-1 SM. Seperti halnya piramida di Mesir, Piramida Nubia dibangun untuk makam para raja dan ratu. Yang membedakan Piramida Nubia dengan piramida-piramida Mesir adalah ketinggian dari piramida nya sendiri. ( Lihat Gambar )

4. Piramida Chichen Itza



              Piramida yang juga dikenal dengan nama "El Castillo" ini terletak di Mexico. Piramida ini merupakan peninggalan dari suku Maya. Piramida ini menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Namun sayang, naik ke puncak piramida ini tidak diperbolehkan lagi sejak seorang wanita terjatuh dan tewas tahun 2006 silam. Namun, tempat ini masih dibuka untuk umum.

5. Piramida Goguryeo



              Mungkin tidak banyak dari teman-teman yang tahu bahwa negri Tirai Bambu China juga memiliki piramida. Piramida Goguryeo merupakan peninggalan kerajaan China kuno bernama Goguryeo di Jian, Provinsi Jilin, China. Piramida ini merupakan makam Raja Jangsu yang dibangun pada abad ke-5 M. Piramida ini juga dikenal sebagai "Piramida Timur" karnea letaknya adalah di kawasan Asia.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons