6 Tumbuhan Umum Yang Beracun

             Di dunia ini ada banyak sekali tumbuhan yang bermanfaat. Selain bermanfaat, juga ada tumbuhan yang beracun yang sebaiknya kita hindari. Namun banyak yang tidak tahu bahwa diantara tumbuhan-tumbuhan beracun itu, adalah tumbuhan yang sering kita lihat sehari-hari. Dan berikut beberapa di antara nya.

1. Tomat



             Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Meski tomat itu sendiri tidak beracun, namun daun dan ranting dari tumbuhan tomat ini sendiri mengandung glycoalkaloid yang dapat membuat kita sakit perut. Daun dan ranting tomat ini dapar digunakan untuk memasak tapi bukan untuk dimakan. Glycoalkaloid merupakan racun yang kuat yang bahkan dapat digunakan untuk mengontrol pes.

2. Apel


             Apel sudah dikenal sebagai buah yang enak di mulut dan enak di perut, namun tahukan anda bahwa apel mengandung sianida meski dalam jumlah sedikit. Kandungan sianida ini terdapat dalam biji apel itu sendiri. Meski menghabiskan semua biji yang ada dalam satu apel tidak akan mematikan, namun hal ini harus dihindari. Karena jika kita mengkonsumsi nya dalam jumlah tertentu akan menyebabkan komplikasi.

3. Cheri



             Buah cheri dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dimakan mentah, dibakar, dijadikan manisan, bahkan dijadikan sebagai minuman keras. Meski cheri tak terlalu dipandang enak bagi sebagian masyarakat, cheri mengandung racun hidrogen sianida. Jika pip cheri ini dikunyah secara tidak sengaja ataupun secara sengaja ia akan mengeluarkan hidrogen sianida. Keracunan hidrogen sianida dalam dosis kecil saja akan menyebabkan pusing, kebingungan, dan muntah-muntah. Mengkonsumsi nya dalam jumlah besar akan menyebabkan susah bernafas, naiknya tekanan darah dan detak jantung, serta gagal ginjal yang dapat menyebabkan koma bahkan kematian karena kesulitan bernafas.

4. Kentang



             Pasti diantara teman-teman semua sudah pernah memakan kentang kan ?? Kentang dikenal enak dan mengandung banyak karbohidrat. Namun tahukah teman-teman bahwa kentang itu beracun ?? Mungkin belum. Jika kita memperhatikan kentang dengan teliti, kita akan melihat kentang yang kehijau-hijauan. Hal ini disebabkan karena kentang mengandung glycoalkaloid yang juga dikandung oleh tomat. Dalam catatan sejarah, kematian akibat mengkonsumsi kentan ini pernah terjadi, namun jarang kita temui. Kematian ini datang secara perlahan, awal nya si korban akan merasa lemas yang kemudian dilanjutkan dengan koma, dan diakhiri dengan kematian. 

5. Cabe




             Barangkali tidak satu pun diantara kita yang tidak pernah merasakan kepedasan dari cabe bukan ?? Apapun jenis cabe nya ( cabe rawit, merah, hijau, keriting, dsb ) mengandung bahan kimia yang bernama capsaicin. Tapi capsaicin itu sendiri lah yang membuat rasa cabe jadi pedas. Capsaicin ini sangatlah keras sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan cat, dan pepper spray yang dapat membuat mata menjadi buta. Jika capsaicin ini dikonsumsi dalam jumlah tertentu, dapat menyebabkan kematian.

6. Jamur



             Mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa beberapa jenis jamur mengandung racun. Ada sekitar 5.000 jenis jamur di Amerika dan 100 diantara nya beracun, serta kurang dari selusin diantaranya sangat mematikan. Secara umum, jamur dapat mengakibatkan gangguan gas dalam pencernaan di usus bagi yang alergi terhadap nya. Karena banyak nya jenis jamur di dunia, membuat kita sulit mengetahui mana yang beracun dan mana yang tidak. Pada umum nya, jamur yang tumbuh liar lebih berkemungkinan mengandung racun. Salah satu jenis jamur paling mematikan di dunia adalah jamur Alpha-amanitin, yang dapat merusak kerja hati.

Dan itu lah beberapa tumbuhan yang umum namun beracun. Semongga teman-teman lebih berhati-hati dalam memilih bahan makanan.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons