Suara Misterius di Kota Hampshire


              Akhir-akhir ini warga Hamsphire di Inggris, yang tinggal di dekat perairan Southhampton sering diganggu dengan suara miterius yang terdengar dari perairan. Anehnya, suara ini hanya terdengar pada malam hari, dimulai dari pukul 10 malam yang terdengar seperti dengungan bernada rendah.
               Suara itu bisa bertahan selama berjam-jam, hingga sepanjang malam. Akibatnya, warga harus berjuang untuk tidur, mereka yang sudah tak tahan bahkan pindah dan menginap di sofa milik teman atau kerabat yang jauh, untuk menghindari mimpi buruk.
Puluhan warga mengajukan keluhan, tak bisa tidur di malam hari, dan menyalahkan apapun yang diduga bertanggung jawab mengusik istirahat mereka, dari industri, kapal tunda (tugboat), atau kapal tanker yang beroperasi di Southampton Docks.
              Dewan Distrik New Forest setidaknya menerima 30 keluhan soal dengungan mengganggu itu. Pihak dewan memasang peralatan monitoring di sejumlah properti untuk melacak asal usul suara.
Kini para ilmuwan mungkin telah menemukan siapa yang bertanggung jawab mengakibatkan dengungan itu, yang di belahan dunia lain bisa jadi dianggap mistis atau bahkan UFO.



Tersangkanya adalah ikan di perairan tersebut. Ikan bisa menghasilkan dengungan seperti itu ?? Apakah teman-teman percaya ?? Ikan ini bukanlah hewan air biasa, melainkan Ikan Midshipman yang sedang dalam masa kawin.
              Menurut para ilmuwan, Midshipman jantan mengeluarkan dengung khas agar para betina tahu bahwa mereka sedang birahi dan mencari pasangan. Ikan jantan mampu mengeluarkan dengungan selama berjam-jam. Suaranya makin keras jika ada kompetitor sesama jantan yang juga sedang mencari pasangan.

 

              Sebenarnya suara dari ikan ini tidak terlalu keras, namun para ilmuwan mengatakan bahwa suara dari ikan ini menjadi keras karena terpantul oleh gedung dan kapal di sekitar perairan.
              Apa yang terjadi di Southampton mirip dengan suara dengung yang tenar di Seattle, Washington, AS. Penyebabnya diduga sama, Midshipman diperkirakan berkembang biak di Perairan Duwamish di dekatnya. Fenomena yang dijuluki ‘West Seattle Hum’ terjadi sepanjang tahun lalu.
              Suara ini hanya terdengar di malam hari karena Ikan Midshipman merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Di siang hari mereka bisa ditemukan terkubur di lumpur atau pasir. Pejantan Midshipman juga bisa menghasilkan suara geraman rendah seperti suara kereta api saat mereka menjaga sarang mereka.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons