5 Ikan dengan Bagian Tubuh Terunik di Dunia

              Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang hidup di air. Ikan memiliki ukuran yang beragam, dari yang sebesar kapal tangker, hingga ikan yang hanya berukuran sebesar jari. Dalam bidang makanan, ada ikan yang bisa dikonsumsi dan ada pula yang tidak. Dan di beberapa belahan bumi ada ikan yang memiliki bentuk teraneh. Dan berikut adalah 5 ikan dengan bentuk teraneh di dunia.

1. Ikan Barreleye


              Ikan aneh ini memiliki kepala yang cembung dan transparan. Hal ini disebabkan karena kepala dari ikan ini memiliki lapisan dan berisi cairan bening. Bagian pangkal mata dan bagian lainnya terlihat jelas dari luar. Kepalanya memiliki dua buah organ setengah lingkaran dan berwarna kuning kehijau-hijauan di belakang pangkal matanya. Kedua organ ini dipercaya merupakan matanya.
              Ikan ini hidup di batas terbawah sinar matahari dapat menembus lautan. Pada posisi ini sulit bisa melihatnya dengan mata telanjang. Mata ikan ini juga dapat berputar 90 derajat ke atas. Meski tanpa sinar matahari yang cukup, ikan ini dapat melihat dengan jelas pemangsa dan mangsanya.
              Jika matanya berada di dalam kepalanya, lantas benda apa yang terlihat seperti mata di kepalanya itu ?? Apakah teman-teman ada yang tau ?? Mungkin tidak. Menurut para ahli, kedua lobang itu merupakan nales, yang berfungsi sebagai indra penciumannya.

2.Handfish / Ikan Bertangan



              Ikan ini pertamakali ditemukan pada tahun 1990-an. Ikan ini memiliki bagian tubuh yang unik, yaitu siripnya. Sirip pada ikan ini bukan untuk berenang, melainkan untuk berjalan. Hal ini menjelaskan kenapa ikan ini hanya bisa kita temukan di dasar laut. Ikan ini ditemukan di daerah Tasmania, Australia. Ikan ini hanya bisa tumbuh hingga 15 cm saja.

3.Ikan Bergigi Manusia



              Sekitar bulan September tahun 2010 lalu, Amerika Serikat dikejutkan dengan penemuan ikan yang memiliki gigi dan lidah seperti manusia. Ikan ini ditemukan oleh seorang pemancing bernama Frank Yarborough di Danau Wylie, Carolina Selatan. Ikan ini memiliki warna hitam gelap dengan berat sekitar 5 kg, dan panjang hampir setengah meter. Setelah diteliti, ikan ini ternyata adalah salah satu ikan yang langka. Ikan ini memiliki gigi seperti gigi geraham, seri, dan taring seperti yang dimiliki manusia. Meski sudah ditangkap dan dibawa pulang, Frank belum berfikir untuk menggoreng ikan tersebut. Kini ikan ini masih tersimpan di lemari es milik Frank. Sampel ikan ini sudah dikirim ke Washington untuk menentukan jenis ikan ini.

4. Flyingfish / Ikan Terbang



              Sekarang ikan terbang tidak hanya menjadi ikan dalam imajinasi kita saja, seperti pada lambang yang penah dipakai Stasiun TV terkenal Ind*siar. Ternyata ikan terbang itu benar-benar ada. Ikan terbang ini dapat kita temukan di seluruh perairan samudera utama, terutama di Samudera Atlantis, Pasifik, dan Hindia. Ciri paling menonjol dari ikan ini adalah sirip dadanya yang besar. Hal ini memungkinkan ikan ini dapat melonpat ke udara untuk lari dari predatornya. Lonpatan ikan ini hanya bisa setinggi sekitar 1 meter, dan memiliki jangkauan hingga 50 meter. Namun, dengan memanfaatkan gelombang ikan ini dapat melompat dengan jarak hingga 400 meter. Seperti dongeng saja ya ??

5. Ikan Bermata Empat



              Ikan ini dapat kita temukan di sungai-sungai di Mexico hingga Amerika Selatan. Yang menarik dari ikan ini adalah matanya yang berjumlah empat. Sebenarnya ikan ini hanya memiliki dua mata, namun matanya terbagi dua yang dipisahkan oleh selaput tipis. Mata ikan ini terdiri dari dua mata bagian atas dan dua mata bagian bawah. Kedua pasang mata itu juga memiliki fungsi yang berbeda. Mata bagian atasnya berfungsi untuk melihat ke permukaan air, sedangkan mata bagian bawahnya memiliki fungsi untuk melihat ke dalam air. Ketebalan lensa dari mata-mata tersebut juga berbeda, mata bagian atas memiliki lensa yang lebih tebal dari mata bagian bawah.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons