5 Bagian Tubuh Manusia yang Dirasa Tak Perlu

              Sebuah kontroversi masih berlangsung sampai hari ini yaitu struktur-struktur vestigial yang dipandang oleh Charles Darwin sebagai organ yang tidak berguna dari bagian tubuh manusia, sebagai bukti dari teori evolusinya. Berikut ini organ tubuh yang diyakini diwariskan dari nenek moyang kita yang sepertinya tidak ada gunanya.

1. Rambut Tubuh dan Bulu Kuduk



              Untuk apakah bulu rambut di tubuh kita ?? Kebanyakan wanita menghilangkan bulu rambut tubuh dan mereka tidak menderita karena kehilangan bulu rambut ini. Dengan demikian, bulu rambut tubuh adalah salah satu struktur vestigial manusia yang menunjukkan bahwa kita pernah tertutup dengan bulu.
              Selain itu, respon alami kita untuk takut dan dingin adalah yang disebut “pili arrector”, atau merinding ( goose bumps ) yang merupakan reaksi dari otot di kulit, mirip dengan mamalia lain, yang mendirikan bulu mereka agar terlihat lebih mengancam, atau untuk pemanasan, karena tuntutan situasi.

2. Usus Buntu



              Usus buntu adalah struktur vestigial yang paling terkenal dari tubuh manusia. Sementara usus buntu mamalia lainnya masih memiliki fungsi, usus buntu manusia tetap tidak terpakai dan terdegradasi dari organ-organ lainnya yang kita miliki hari ini.
              Darwin mengatakan ide bahwa mungkin usus buntu manusia adalah sistem pencernaan daun pada primata, sementara ilmuwan lain percaya bahwa usus buntu mungkin masih ada fungsinya hingga saat ini, meskipun sampai sekarang belum ada bukti yang jelas untuk mempertahankan kedua teori tersebut.

3. Kelopak Mata Ketiga



              Kelopak mata ketiga atau “plica semilunaris” adalah membran transparan yang digunakan untuk melindungi mata dan ini paling sering ditemui pada reptil burung dan ikan, tetapi beberapa mamalia memiliki juga. Untuk apa kita memiliki kelopak mata ini ?? Sedangkan kita memiliki kelopak mata yang bisa digerakkan dan bisa melindungi mata kita dari bahaya dari luar tubuh.

4. Gigi Bungsu



              Gigi bungsu adalah salah satu struktur vestigial dari tubuh manusia. Kadang-kadang, gigi ini tidak tumbuh sama sekali dan terus tetap dalam tulang rahang selama hayat pemilik. Mereka jelas vestigial, karena mereka tidak berguna ketika makan.
              Manusia biasanya tidak mengunyah dengan menggunakan gigi bungsu ini, karena mereka terlalu jauh ke belakang dalam mulut kita. Gigi bungsi ini dianggap membuktikan bahwa manusia berevolusi dari primata yang memiliki mulut jauh lebih besar dan mampu menggunakan gigi-gigi ini.

5. Puting Pria



              Untuk apa pria memiliki puting susu ?? Tidak ada alasan yang jelas. Puting pria adalah contoh lain dari bagian tubuh manusia yang tidak atau belum diketahui gunanya, karena mereka tidak memiliki peran dalam fungsi organisme laki-laki.
              Namun, mereka tidak memiliki asal yang sama sebagaimana tulang punggung. Sebenarnya, jaringan payudara dan puting dibentuk dalam tahap evolusioner awal janin, ketika jenis kelamin calon bayi belum ditentukan.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons