Sungai Terpendek Di Dunia

              Di kehidupan sehari-hari, mungkin banyak diantara teman-teman yang membahas tentang sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil di Afrika dengan panjang 6650 kilometer. Tapi kali ini saya ingin memberi tahu teman-teman tentang sungai terpendek di dunia.






              Sungai terpendek di dunia ternyata berada di negri kita sendiri, yaitu Indonesia. Barangkali belum banyak yang tahu dan terkejut akan berita ini. Saya pun terkejut saat mengetahui sungai terpendek di dunia ternyata berada di Indonesia.
              Sungai itu berada di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, provinsi Sulawesi Utara. Sungai ini bernama Sungai Tambosi. Panjang sungai ini hanya mencapai 20 meter saja, sementara lebar nya sekitar 15 meter. Ukuran ini membuat Sungai Tambosi terlihat seperti danau, bukan sungai. Tetapi karena ada nya aliran air yang terjadi di sini, membuat ia menjadi sebuah sungai.
              Meski sangat kecil, sungai ini memiliki air yang masih sangat jernih dan terhindar dari polusi. Karena sungai yang kecil, anda juga bisa berenang ke hulu dan merasakan air pantai nan biru dan pasir pantai yang putih. Saat menuju sungai, anda juga akan disuguhkan oleh pemandangan dari gunung marmer di sepanjang perjalanan.
              Untuk mengakses sungai ini, anda bisa menggunakan transportasi darat. Jarak nya yang hanya 90 meter dari Kota Kolaka menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam.

1 komentar:

Abel Gabrien Zaghy said...

ituuu kolam ikan broo -_-

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons